Dewi Prasetyawati. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Life in japan

Bismillahi rohmani rohim... 

Assalamu alaikum sahabat INDONESIA..... :) 
Genki desuka? Baik gak lo  disana? ^^
Dah dri lama gw pengen bgt buat tulisan tentang segala hal yang gw alamin dan yg ada di diri gw... :) 
Cerita kisah, cinta, sahabat, ilmu, pendidikan, pengalaman, keluarga, masa lalu dan masa depan gw..... Semua hal deh... 
Karna gw termasuk org yg mudi, klo pas mood bgus aja gw tulis diary atau klo lgi jalan pengen cerita gtu.... Ya gw tulis aja deh di note hp gw.... Tapi klo lgi sepppettt ya ogah amat nulis2 gak penting..... Mending gw nyanyi..... Atw cari hiburan yg bsa bkin gw ketawa... Hahaa

Hmm..... Gw bukan orang hebat sii, bahkan klo org ngeliat gw sekilas kyak org yg gak ada tujuan atw bsa di blang kurang pinter.... :) 
Hahaha
Gw gak sepinter temen2 n sahabat2 gw.... (Eh tunggu bukan temen ataw sahabat tapi keluarga. Mreka udah jdi keluarga gw ^.^)
Yang bisa setiap hari, setiap saat belajar trus ngafalin kosa kata jepang, yg rutinitasnya adalah sekolah, kerja, tidur, belajar dan belajar. Sedangkan gw sekolah, kerja , tidur, main dan main.... :D
Travelling adalah hobby utama gw... So gak pernh mikir klo mau pergi kmn aja... Sekalipun itu di luar kota yg gw blum pernh tau udara di sana kyak apa gw jabanin jalan sendiri, cari tau sndri... Alhamdulillah teknologi skrg udah canggih jdi please deh map bakal ngasih tau gw jalan kmn aja yg gw pgn, tapi tetep atas ridho ALLAH SWT krna Dia satu2.ny penunjuk jalan yg terbaik, bukan map. (Loh melencong)
Ya gitulah pkok.ny... 

Tapi banyak hal yg gw dapet dari awal gw dateng ke tokyo japan sampe skrg. 
Awal2 gw dateng kesini adalah bocah yg suka ngeluyur sndri... Cari tau hal yg blum gw tau... Sok tau jalan sok tau smua... 
Kadang lucu si ama diri sendiri.. Gak lancar ngomong nihongo (bhsa jepang), tapi bisa gtu brani kmn2 sendirian.... 
Ngapa2in klo dah mentok nanya ama org jepang langsung.. Eh pas di jelasin panjang lebar... Kagak ngarti gw "ngomong apa'an dah ni org".. Gw cuma jawab "hai. Wakarimashita" aja, dlam hati mampus gw kemana ni? Aaaggh gak ngerti tuh org ngmong apa??!!.. Ya ALLAH kasih program penerjemah dlam otak gw....!!! Haha khayalan. 

Tpi gw bisa lakuin apa aja yg gw mau.... Krna gw orgnya sok tau.... Jdi ya udah jalan aja teruusss majuuu dan kadang2 ngesot... #Braaakkk
Tapi alhamdulillah smpe skrg blm pernh kesasar dan jgn sampe.... He

Gw bakal cerita banyak di blog gw, setiap trip yg gw tempuh, pendidikan yg gw jalanin, kerjaan gw, perjuangan gw, kesenangan gw dan kepahitan gw slama di jepang... Tunggu next tulisan gw yah.... 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jigai "Ritual bunuh diri" di jepang

Ritual bunuh diri yang dilakukan oleh wanita disebut dengan Jigai (自害) yang berarti bunuh diri, atau yang sering disebut jisatsu (自殺) pada masa sekarang (tapi istilah ini kini digunakan untuk menyebut bunuh diri secara umum). Ritual bunuh diri ini dilakukan oleh para wanita dari keluarga kaum ksatria samurai dengan cara memotong urat nadi mereka dengan satu kali tebasan pisau tanto atau kaiken. Pemilihan cara bunuh diri dan pisau yang digunakan agar kematian datang lebih cepat tanpa melalui rasa sakit terlebih dahulu. Dengan demikian, wajah dari mayat wanita yang telah melakukan jigai akan tetap terlihat biasa saja tanpa ekspresi kesakitan, tidak seperti kaum pria yang wajah mayatnya akan seram karena ekspresi kesakitan ketika melakukan ritual seppuku. Sehingga, kehormatan dan keanggunan seorang wanita tetap terpancar dari wajahnya walaupun ia telah mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Sebelum membunuh dirinya,  wanita tersebut harus duduk dengan posisi bersimpuh agar posisi meninggalnya anggun dan terhormat. Ritual Jigai ini bukanlah sebuah ritual bunuh diri biasa. Ritual ini mengandung makna dan pesan kehormatan. Ketika suami atau ayah dalam suatu rumah tangga menjadi seorang pimpinan dalam sebuah kelompok bushi dan kalah dalam berperang, maka para wnaita dalam rumah tangga tersebut akan membunuh dirinya sendiri daripada harus menyerah dan diculik oleh para musuh yang datang dan mengepung rumah mereka. Sehingga ketika para pasukan lawan memasuki rumah, mereka akan menemukan para wanita di rumah itu duduk bersimpuh membelakangi pintu dan sudah meninggal setelah membunuh dirinya sendiri  jauh sebelum rumah itu dikepung.

Tindakan bunuh diri dari para wanita kaum ksatria samurai ini dianggap mecerminkan kehormatan dan harga dirinya sebagai seorang wanita. Karena bagi mereka, lebih baik mati dengan cara bunuh diri daripada harus ditangkap oleh musuh, diperlakukan dengan tidak hormat, kemudian mati di tangan musuh. Langkah-langkah ritual bunuh diri ini diajarkan turun temurun dari ibu kepada anak perempuannya.


Sumber: www.wikipedia.com


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tokyo Tower (東京タワー)

Sekilas tentang cerita tentang Menara Merah yang indah. ^.^
Add caption
Menara Tokyo (東京タワー Tokyo Tower) adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhan 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Berdasarkan peraturan keselamatan penerbangan, menara ini dicat dengan warna oranye internasional dengan warna putih di beberapa tempat. Bangunan sekelilingnya lebih rendah, sehingga Menara Tokyo bisa dilihat dari berbagai lokasi di pusat kota. Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM. Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

Add caption



Add caption

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lampung Tuan Rumah TIME 2012



Lampung siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran Pasar Wisata Indonesia atau Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) pada 9 hingga 12 Oktober 2012 yang diikuti oleh seluruh komponen pariwisata di Tanah Air dan buyer dari 27 negara.
Dipilihnya Lampung sebagai tuan rumah TIME didasari fakta kekayaan dan potensial Lampung dari sisi flora, fauna, sumber daya alam, budaya, industri kreatif dan kulinernya. Dari sisi pariwisata Lampung sangat potensial untuk dikembangkan karena antara lain aksesnya yang dekat dengan Jakarta.
"Lampung terpilih menjadi tuan rumah TIME tahun ini karena salah satunya daerah itu mempunyai daya tarik yang belum banyak dikenal," kata Chairperson TIME 2012, Meity Robot, saat jumpa pers TIME 2012 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (17/7/2012).
TIME merupakan ajang pariwisata di Indonesia yang mengusung konsep "business to business", dimana dalam acara itu dipertemukan para pelaku usaha wisata dan industri pendukungnya di Indonesia (seller) untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa wisata di dalam negeri kepada pebisnis wisata dari mancanegara (buyer).
TIME tahun ini memasuki pelaksanaan ke-18 dan bertujuan meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional sekaligus memperluas jangkauan promosi industri pariwisata Indonesia di pasar dunia.
Tahun lalu, TIME di Lampung dinilainya sukses dengan dihadiri oleh 77 buyer dari 27 negara meliputi Belanda, India, Amerika Serikat, Korea, dan Singapura.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Promosi Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M. Faried, mengatakan, pihaknya mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan acara tersebut.
"Ini bagian dari aktivitas promosi pariwisata Indonesia. Kami harapkan ini bisa mempromosikan Lampung sebagai daya tarik wisata sekaligus daerah lain di Indonesia," katanya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung, Gatot Hudi Utomo, mengatakan, Lampung telah siap menerima lebih banyak kunjungan wisata termasuk menjadi tuan rumah kegiatan internasional sekelas TIME.
"Infrastruktur di wilayah Lampung semakin baik dari waktu ke waktu dan bahkan kini sudah ada 17 penerbangan ke Jakarta dalam setiap harinya," ungkapnya.
Gatot menuturkan, pihaknya memantau pascamenjadi tuan rumah TIME 2011, kunjungan wisatawan ke Lampung terus meningkat.
"Dengan diadakannya TIME 2012 diharapkan menjadi moment penting untuk pembangunan pariwisata Lampung dalam upaya mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Thanks to Allah....


Rasa Syukur …
Yang Tak Akan Pernah Aku Lelah Ucap,,,
Kepada …
Sang Kuasa Pencipta Alam Semesta
Beserta Kehidupan Yang Tlah Aku Dapati Seumur Hidupku…
Surat ini tak seberapa dibandingkan dengan apa yang ku dapat selama ini.. Yang ku Cinta… selalu berikan semua yang kubutuhkan…
By : Dewi Prasetyawati

Alhamdulillah..
Thank You ALLAH ….
 I asked for Strength…
and Allah gave me difficulties to make me strong.
I asked for Wisdom…
and Allah gave me problems to solve.
I asked for Courage…
and Allah gave me obstacles to overcome.
I asked for Love…
and Allah gave me troubled people to help.
I asked for Favors…
and Allah gave me Opportunities.

“ Maybe I received nothing I wanted…
But I received everything everything I needed.”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

CLUB MED


STUDI KASUS : CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

 Sumber : http://derinta-derinta.blogspot.com/
TOPIK DISKUSI
Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :

a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan   Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang ?

Jawab :
Kepariwisataan memiliki berbagai dampak ekonomi, sudah banyak diketahui orang. Secara formal, para ahli membedakan dampak ekonomi yang terjadi karena kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) termasuk pengembangan Club Med , terdiri dari Efek Langsung (Direct Effects), Efek Tidak Langsung (Indirect Effects) dan Efek Induksi (Induced Effects). Sementara itu, Efek Tidak Langsung dan Efek Induksi kadang-kadang disebutnya sebagai Efek Sekunder (Secondary Effects) yang menyertai Efek Langsung selaku Efek Primer (Primary Effect). Dampak total ekonomi pariwisata merupakan jumlah keseluruhan dampak yang terjadi baik langsung, tidak langsung maupun induksi, yang masing-masing dapat diukur sebagai keluaran bruto (gross output) atau penjualan (sales), penghasilan (income), penempatan tenaga kerja (employment) dan nilai tambah (value added). Secara nyata, kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) memberikan manfaat pada penjualan, keuntungan, lapangan kerja, pendapatan pajak dan penghasilan dalam suatu daerah. Dampak yang paling dirasakan langsung, terjadi di dalam sub-sektor pariwisata primer, -penginapan, restoran, angkutan, hiburan dan perdagangan eceran (retail). Pada tingkat kedua, di sub-sektor sekundernya, berpengaruh pada sebagian besar sektor ekonomi.
Analisis dampak ekonomi kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med) lazimnya berfokus pada perubahan penjualan, penghasilan dan penempatan tenaga kerja di daerah bersangkutan yang terjadi akibat kegiatan pariwisata (pengembangan Club Med). Pada dasarnya analisis dampak ekonomi pariwisata menelusuri aliran uang dari belanja wisatawan, pertama-tama ke:
• Kalangan usaha dan badan-badan pemerintah selaku penerima pengeluaran wisatawan; kemudian ke:
• Bidang Usaha lainnya selaku pemasok (supplier) barang dan jasa kepada usaha pariwisata;
• Rumah Tangga selaku penerima penghasilan dari pekerjaan di bidang pariwisata dan industri penunjangnya;
• Pemerintah melalui berbagai pajak dan pungutan (resmi) dari wisatawan, usaha dan rumah tangga.

Direct Effects. Perubahan produksi sehubungan dengan dampak langsung atas perubahan belanja wisatawan. Misalnya, kenaikan jumlah wisatawan yang menginap di hotel-hotel akan langsung menghasilkan kenaikan penjualan di sektor perhotelan. Tambahan Penjualan yang diterima hotel-hotel dan perubahan pembayaran yang dilakukan hotel-hotel untuk upah dan gaji karyawan, pajak dan kebutuhan barang dan jasa merupakan effek langsung (direct effect) dari belanja wisatawan itu.
Indirect Effects. Perubahan produksi yang dihasilkan dari pembelanjaan berbagai babak berikutnya dari penerimaan hotel kepada industri para pemasoknya, yaitu pemasok barang dan jasa kepada hotel. Misalnya, perubahan penjualan, lapangan kerja dan penghasilan dalam industri linen (sprei, selimut, bed-cover, handuk, taplak dsb.) adalah salah satu dari efek tidak langsung (indirect effect) dari perubahan penjualan hotel. Usaha-usaha pemasok barang dan jasa kepada perusahaan linen merupakan babak lain dari efek tidak langsung, yang akhirnya tidak terlepas dari keterkaitan hotel dengan banyak sektor ekonomi lainnya di daerah itu sampai pada beberapa tingkat.
Induced Effects. Perubahan dalam kegiatan ekonomi yang terjadi karena belanja rumah tangga dari penghasilan yang diperoleh langsung atau tidak langsung dari belanja wisatawan. Misalnya, karyawan hotel dan industri linen, yang ditunjang langsung atau tidak langsung oleh adanya pariwisata, membelanjakan uang mereka di daerah setempat untuk perumahan, makanan, angkutan dan serangkaian kebutuhan barang dan jasa untuk rumah tangga. Maka penjualan, penghasilan dan lapangan kerja yang dihasilkan oleh belanja rumah tangga dari tambahan upah, gaji atau penghasilan pemilik merupakan Efek Induksi (induced Effects).

Melalui efek tidak langsung dan efek induksi, perubahan belanja wisatawan sebetulnya dapat mempengaruhi tiap sektor ekonomi dengan berbagai jalan. Besaran efek sekunder tergantung pada kecenderungan usaha dan rumah tangga di daerah tersebut untuk membeli barang dan jasa dari pemasok lokal.
Efek induksi akan dirasakan, khususnya jika sebuah pemberi kerja menutup usahanya. Bukan hanya industri penunjangnya yang menderita (indirect effect), melainkan seluruh ekonomi setempat terkena dampaknya mengingat berkurangnya penghasilan rumah tangga di daerah itu. Misalnya, toko-toko eceran tutup, “kebocoran uang” ke luar daerah itu meningkat karena penduduk pergi ke luar daerah untuk mencari barang dan jasa. Dampak sebaliknya akan terjadi jika kenaikan penghasilan dan lapangan kerja meningkat tajam.
Pemakai terakhir (Final demand) merupakan istilah yang acap digunakan oleh para ekonom untuk penjualan kepada konsumen terakhir. Pemakai terakhir barang dan jasa pariwisata adalah rumah tangga, yaitu rumah tangga para wisatawan, para karyawan, pegawai negeri, para pengusaha, para petani, para peternak dsb. Demikian pula halnya belanja pemerintah dinilai sebagai pemakai terakhir.

a. Manfaat Club Med bagi perekonomian negara dengan perekonomian maju (seperti Italia dan Amerika Serikat):
1. Meningkatkan wisatawan yang berkunjung sehingga pendapatan masyarakat dan pendapatan Devisa Negara semakin tinggi
2. Memperkuat nilai tukar mata uang lokal terhadap mata uang asing
3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar club med
4. Kelestarian alam di sekitar Club Med tetap terjaga dengan baik karena konsep dari Clup Med sendiri adalah pedesaan


b. Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)
1. Harga kamar di Club Med terlalu mahal sehingga untuk membangun loyalitas dan memenangkan pelanggan baru menjadi jauh lebih sulit
2. Sistem pedesaan yang dibuat dan menjadi ciri khas dari Club Med sudah ketinggalan zaman
3. Terlalu pendeknya musim liburan sehingga biaya menjadi mahal utuk bepergian ke pedesaan
4. Perbandingan gaji karyawan yang tinggi
5. Club Med mengurangi karyawannya dikarenakan untuk membayar gaji karyawan di sektor lain. Sehingga menimbulkan bertambahnya pengangguran di Negara tersebut
6. Menurunnya tingkat wisatawan asing yang berkunjung 

c. Manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang :
1. Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata
2. Membuat Negara tersebut lebih terkenal dari sebelumnya karena adanya cabang Club Med di Negaranya
3. Meningkatkan merek dan menciptakan tingkatan produk baru dibawah ‘payung’ ClubMed
4. Meningkatkan pertumbuhan pariwisata
5. Dapat memperkenalkan budaya yang ada di Negara tersebut
6. Untuk menigkatkan keuntungan, perusahaan telah memperkenalkan satu langkah yaitu memperpanjang musim di beberapa pedesaan, beberapa pedesaan itu dibuka hanya 3 bulan setiap tahunnya.

d. Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang :
1. Pemerintah membantu sebagian pendanaan pengembangan Club Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak
2. Club Med menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga
3. Manajemen merek yang tidak efektif
4. Produknya terasa lebih mahal di Perancis
5. Rata-rata pelanggan yang datang berasal dari kelas sosial yang tinggi dengan umur 20-30 tahun

Semoga dapat manfaat.. ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jaga terus keindahan bawah laut Wakatobi dengan tetap melindunginya


“WAKATOBI ANDALKAN WISATA SELAM DAN INDUSTRI KREATIF”

Potensi industri ekonomi kreatif di Wakatobi sangat besar karena daerah ini memiliki wilayah laut cukup luas.
"Kementerian Pariwisata akan membantu memasarkan kedua jenis pariwisata Wakatobi itu ke berbagai negara, terutama negara-negara Eropa," kata Firmansyah, di Wangiwangi, Jumat (4/5/2012).
Menurut Dirjen, kawasan perairan laut Wakatobi yang terletak di pusat segi tiga terumbu karang dunia, memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.
Agar kawasan ini memiliki daya tarik bagi banyak wisatawan, baik domestik maupun wisatawan mancanegara, maka ada empat hal yang mesti dibenahi. Pertama, infrastruktur yang mendukung kepariwisataan seperti marina, perhotelan, pengelola diving dan sebagainya.
Kedua, keindahan alamnya harus terus dijaga dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan lestari dan keberlanjutan. Ketiga, masyarakatnya harus ramah dan mampu menjadi pemandu-pemandu wisata yang bisa menjelaskan kepada para wisatawan tentang keindahan alam bawah laut di dalam kawasan Wakatobi.
Keempat, lanjut Firmansyah, harus menciptakan kondisi yang dapat membuat para wisatawan merasa nyaman untuk datang dan tinggal menginap di Wakatobi. "Untuk menjadikan Wakatobi memiliki daya tarik bagi para wisatawan, keempat hal itu mutlak harus disiapkan di Wakatobi," katanya.
Firman memaparkan, jika para wisatawan sudah tertarik berkunjung di Wakatobi, maka untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat, harus diupayakan pengembangan industri ekonomi kreatif seperti kerajinan yang bisa menjadi cinderamata bagi para wisatawan ketika kembali ke negara masing-masing.
"Potensi industri ekonomi kreatif di Wakatobi sangat besar karena daerah ini memiliki wilayah laut cukup luas yang didalamnya banyak terdapat kerang-kerangan yang bisa dikembangkan menjadi kerajinan bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Pendapat saya tentang artikel di atas :
Potensi yang dimiliki oleh wakatobi memang sangat besar untuk menjadi tujuan pariwisata dunia. saya setuju dengan 4 unsur yang harus dimiliki oleh wakatobi yaitu :
1. Infrastruktur yang baik
2. Pengelolaan Lingkungan yang lestari dan berkelanjutan
3. masyarakat sekitar mampu menjadi pemandu yang ramah
4. terciptanya kondisi lingkungan yang nyaman

Wakatobi yang terletak di jantung Coral Reef Triangle merupakan salah satu surga penyelaman Indonesia yang harus tetap kita jaga bersama-sama keindahan dan kelestarian alam bawah lautnya. Meskipun wakatobi memiliki wilayah laut yang cukup luas, bukan berarti kita dengan semena-mena dapat mengambil kerang-kerangan, yang dapat dijadikan sebagai kerajinan yang dianggap memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Menurut saya ekonomi kreatif tidak harus mengambil apa yang dimiliki oleh wakatobi. Banyak hal lain yang dapat dilakukan oleh masyarakat sekitar maupun pemerintah untuk mengupayakan pembuatan cidera mata, tetapi tetap menjaga alam wakatobi dan bukan dengan cara mengambil karang-karangnya. 

Agar kepariwisataan wakatobi terus tumbuh subur dan tingkat kesejahteraan wakatobi dari sector wisata makin membaik, dibutuhkan dukungan dari semua pihak terutama sekali masyarakat agar tetap menjaga lingkungan perairannya dari segala macam tindakan yang bisa merusak potensi wisata bawah laut. 

Andalan wisatawan mancanegara berdatangan ke wakatobi selama beberapa tahun ini adalah karena keindahan bawah lautnya yang tetap dijaga dengan baik di wangi-wangi, kaledupa, tomia, dan binongko. Karang laut di wakatobi yang menjadi pelengkap daya tarik bawah laut wakatobi yang harus dijaga keutuhannya. Terumbu karang di tempat ini dilindungi maka wisatawan yang datang pun dilarang berdiri atau berjalan di atas karang dan biota laut lainnya. 
Karang-karang juga tidak boleh dibawa ke luar kawasan taman nasional, kecuali memperoleh izin khusus dari Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi. Dulu sebelum masyarakar sadar akan lingkungan daerah mereka, masyarakat wakatobi selalu menggunakan bom ikan hanya sekedar untuk mengambil ikan dan mengakibatkan karang laut rusak. Tapi sekarang masyarakat wakatobi sudah sadar, merusak karang bawah laut berarti merusak sumber keuangan mereka. Akhirnya mereka pun menjaga karang laut di wakatobi. ini adalah hal yang sangat menggembirakan. 
Wakatobi yang merupakan kabupaten kepulauan yang baru terbentuk di tahun 2003. patut tetap kita jaga kelestarian alamnya baik oleh masyarakat sekitar maupun pemerintah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang satu-satunya menjadi kabupaten di Indonesia yang seluruh wilayahnya berstatus Taman Nasional.






 Ekosistem terumbu karang yang dimiliki oleh wakatobi adalah 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia. 
 
Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slopflatdrop-offatoll dan underwater cave.

Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya Acropora formosa, A. Hyacinthus, Psammocora profundasaflaPavona cactusLeptoseris yabei, Fungia molucensisLobophyllia robustaMerulina ampliataPlatygyra versiforaEuphyllia glabrescensTubastraea frondesStylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp yang tinggal harmonis bersama penghuni bawah laut lainnya.







 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS